Sejarah

Hukuman mati resmi diakui bersamaan dengan adanya hukum tertulis, yakni sejak adanya undang-undang Raja Hamurabi di Babilonia pada abad ke-18 Sebelum Masehi. Saat itu ada ada 25 macam kejahatan yang diancam dengan hukuman mati.

Selanjutnya jenis tindak pidana yang diancam hukuman mati berubah-ubah. Sejak saat itu semakin banyak negara yang mulai menerapkan hukuman mati bagi rakyat yang melakukan kejahatan. Beberapa negara malah menerapkan hukuman mati untuk segala jenis

Metode eksekusi yang dilakukan setiap negara dari waktu ke waktu semakin berubah. Pada awal berlakunya hukuman mati, diterapkan cara eksekusi yang sangat kejam seperti dikubur hidup-hidup, dibakar hidup-hidup, hukuman pancung, disalib, dirajam atau dilempar baru ramai-ramai atau dengan diinjak gajah. Pada periode ini hukuman mati sangat bervariasi di setiap tempat. Kebanyakan negara melaksanakan eksekusi di depan publik dengan harapan rakyat akan jera. Pada periode ini pelaku kejahatan ringan seperti mencopet atau mencuri pun bisa dihukum mati. Kemudian seiring dengan berjalannya waktu, mulai dilakukan hukuman mati dengan cara yang lebih manusiawi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s