Hukum

Pada dasarnya hukum ada pada suatu negara untuk mengatur sikap dan tindakan masyarakat. Peraturan-peraturan tersebut diadakan dan diterapkan di masyarakat dengan tujuan mewujudkan keadilan, memelihara ketertiban dan kepastian hukum (yuridis) serta melindungi kepentingan umum. Agar aturan-aturan tersebut diterapkan dalam kehidupan masyarakat maka perlu ada sanksi. Meskipun ada jenis sanksi yang berat ataupun ringan, sanksi tetap perlu ada.

Sanksi hukuman mati secara jelas dan tegas melawan prinsip dan norma hak-hak asasi manusia. Dari perspektif hak asasi manusia, penerapan hukuman mati dapat digolongkan sebagai bentuk hukuman yang kejam dan tidak manusiawi, sebagaimana dinyatakan dalam Pasal 3 Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia yang berbunyi, “Setiap orang berhak atas kehidupan, kebebasan dan keselamatan sebagai individu”. Jaminan ini dipertegas dengan Pasal 5 DUHAM dan Pasal 7 Kovenan Internasional tentang Hak Sipil dan Politik (International Covenant on Civil and Political Rights-ICCPR) yang berbunyi, “Tidak seorang pun boleh disiksa atau diperlakukan secara kejam, diperlakukan atau dihukum secara tidak manusiawi atau dihina“ dan dikuatkan dengan Protokol Opsional Kedua atas Perjanjian Internasional mengenai Hak-hak Sipil dan Politik tahun 1989 tentang Penghapusan Hukuman Mati.

Memang negara sebagai pemegang kekuasan pelaksanaan hukum harus menghormati dan melindungi hak untuk hidup, menjamin pelaksanaan penegakan hukum yang tak merengut hak asasi manusia. Negara harus menjamin hak setiap orang untuk hidup tanpa merenggutnya dalam penegakan hukum pidana. Tetapi negara juga harus mempertimbangkan hak-hak korban yang telah dilanggar. Suatu negara tidak dapat melindungi kepentingan umum jika begitu banyak peraturan yang dilanggar oleh sang pelaku kejahatan tetapi tidak mengambil tindakan apa-apa. Hak untuk hidup adalah hak yang melekat pada diri setiap orang , maka didasari hal ini hukuman mati tetap berlaku untuk melindungi dan sebagai sanksi bagi pelanggaran terhadap hak asasi manusia. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s