Kesimpulan

Kesimpulan

Hukuman mati adalah ideal untuk diterapkan. Dapat dilihat dari dampak-dampak yang sudah dipaparkan dalam bab pembahasan bahwa penerapan hukuman mati membawa paling banyak dampak positif dalam kehidupan manusia. Dengan terlaksanakannya hukuman mati bagi pembunuh dan penjahat kelas berat, akan ada kedamaian dalam kehidupan manusia. Hal yang paling penting adalah jumlah kejahatan berat di negara yang menerapkan akan menurun.

Ditinjau dari pandangan Kristen, Hukuman mati tidak salah. Hukuman mati tidak bertentangan dengan kasih dan dengan jelas meningkatkan nilai kehidupan, bukan malah merendahkannya. Hukuman mati adalah bukti dari betapa besar harga yang diberikan Allah bagi manusia sebagai ciptaan-Nya.

Memang penerapan hukuman mati juga akan memunculkan kontroversi dari masyarakat namun pemerintah bisa mengupayakan tindakan-tindakan untuk mengantisipasi hal-hal yang mungkin terjadi. Upaya yang bisa dialakukan adalah dengan memastikan setiap proses investigasi berjalan dengan baik. Salah satu argumen yang paling kuat untuk menentang hukuman mati adalah bahwa hukuman mati memungkinkan terjadinya salah eksekusi dan dapat dijadikan bentuk tirani suatu negara. Namun adanya bentuk ketidakadilan tidak berarti keadilan harus ditiadakan. Kesalahan terletak pada proses yang dilakukan maka proses peradilan harus diperbaiki agar seimbang.

Saran

Bagi Anda yang hendak melakukan penelitian terhadap kasus yang berkaitan dengan penelitian ini ataupun yang tidak, penulis menyarankan untuk melakukan penelitian dengan cara step by step karena pasti akan memperlancar pengerjaannya. Setelah memilih topik dan merumuskan masalah, dianjurkan untuk mencari data sebanyak mungkin lalu mengambil data-data yang penting dan mengembangkannya dengan pemikiran kita sendiri. Untuk melengkapi, dapat digunakan contoh kasus ataupun wawancara terhadap seseorang yang telah berpengalaman dalam topik yang bersangkutan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s